Belajar Lagi

Kau tahu?

Semakin kita menua, ternyata kita belajar banyak dari orang sekitar kita. Dari orang tua, keluarga, teman, rekan kerja di kantor, dari orang yang kita temui kemarin sore, mungkin juga– dari rival, dari banyak hal yang selama ini mungkin tak pernah kita dapatkan di sekolah. Selama ini, aku pikir aku sudah tahu apa itu warna hijau hingga lupa ada hijau lainnya yang mengikuti. Seperti hijau Tosca, hijau daun, hijau muda, hijau lumut. Dan justru, kebanyakan dari pelajaran itu lebih berguna bagi kita di kehidupan sehari-hari. Usia hanyalah sekedar peningkatan bilangan, bagaimana nilai yang tertanam itulah intinya.

Ilmu praktis yang kutemui, seperti yang terlihat dari sikap, ucapan dan aktivitas seseorang. Lalu, kita tiru dan mencoba menerapkan dalam kehidupan. Kita merasakan dampak perubahan dan mencoba menjadi agent of change. Pada dasarnya, kita memang tidak pernah bisa menjiplak jalan hidup orang lain. Yang bisa kita tiru hanyalah perjuangannya, keuletannya, kerja kerasnya, dan semangatnya – barangkali.

Mungkin nanti-semoga, kita juga akan mulai belajar banyak dari anak-anak kita. Seperti sebuah ungkapan terkenal, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Watak mereka seringkali mencerminkan siapa diri kita yang sebenarnya. Jadikan sebagai bahan refleksi. Hingga kita bisa menjadi lebih terbiasa menjadi manusia sabar, hati-hati dalam bersikap dan berlisan. Karena anak adalah copy-an diri.

Dimasa selanjutnya, kita makin banyak PR tentang ilmu kehidupan. Semakin banyak kita temui orang-orang dengan background yang berbeda-beda, yang menitipkan ilmu pada indra kita. Itu berarti, makin banyak lagi kita belajar tentang menyikapi suatu masalah. Meskipun dalam textbook, tak pernah kita jumpai tentang materi kebijaksanaan hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s